Monday, 16 January 2017

Tujuh Kuliner Manis yang Paling Enak di Bandung



Bandung tak sekadar surga bagi para tukang selfi, tapi juga idaman para penggila kuliner. Sebab selalu saja ada makanan unik dan kekinian setiap waktunya. Bahkan berbagai rasa dan selera relatif lengkap di Bandung,

Untuk penggemar kuliner manis, di Bandung terdapat beberapa jenis nama yang terkenal karena rasanya enak banget. Ini tujuh di antaranya. Semua bisa dimakan langsung atau dibekal untuk oleh-oleh. Mulai dari brownies sampai salju bakar.



Brownies Kukus Amanda



Brownies mulanya  kue coklat yang dipanggang bantet sehingga menghasilkan tekstur yang agak keras. Nikmat dimakan untuk teman minum kopi dan teh. Brownis kukus Amanda tidak berbeda jauh dengan kue bolu biasa. Bedanya dengan brownies panggang adalah tekstur brownis kukus yang lembut sehingga terasa meleleh begitu sampai di mulut. Bagian tengah kue ini diolesi oleh coklat meleleh yang membuat lidah terus bergoyang. Sekali gigitan sangat terasa kelezatan cokelat yang begitu legit di dalam mulutnya.



Tokyo Banana Bandung



Tokyo Banana adalah cake sponge berbentuk seperti  pisang yang di dalamnya berisi fla pisang. Tapi belakangan isi dan warna pun berkembang mengikuti selera, seperti strawberry, cokelat, keju, melon, dan lainnya. Yang unik, apapun rasanya, bentuknya tetap menyerupai pisang. Yang membedakan adalah warnanya. 


Martabak Pizza Tropica



Bagi penggemar martabak manis suka bingung pilih rasa yang mana, mendingan pesan partabak pizza ala Martabak Tropica di Jalan Burangrang, Bandung. Sebab di martabak ini bisa pesan 10 rasa sekaigus. Jika masih kurang ada juga martabak kotak 16 rasa. Kurang puas apalagi coba? Toppingnya juga boleh milih sendiri.


Colenak Murdi Putra 


Colenak Murdi Putra, sudah ada dari tahun 1930, Awalnya Murdi membuka kedai di di bekas warung makan yang telah ditutupnya (depan toko yang sekarang). Murdi telah mewariskan kuliner ini pada tiga generasi keturunannya. Berkat anak cucunya rasa Colenak semakin berkembang dengan  memiliki variasi yaitu colenak rasa durian dan nangka. Tapi tentu saja mereka masih menjual Colenak rasa originalnya.


Murdi menjual colenak yang pada masa itu masih terdengar aneh. Bermodal alat pemanggang tape yang sangat tradisional dengan pembakaran masih menggunakan arang. Aroma yang dikeluarkan dari peuyeum sampai menarik perhatian dan mengundang tamu KAA pada tahun 1955. Hingga makanan khas Kota Bandung ini dijadikan dessert pada konferensi Asia-Afrika pertama.

Cara pengolahan Colenak sebenarnya sangat sederhana. Yang dilakukan hanyalah membakar peuyeum sebelum dipotong-potong. Potongan peuyeum bakar ini kemudian disajikan dengan saus yang terbuat dari karamel gula merah (kinca) yang telah dicampur parutan kelapa. Maka, jadilah hidangan sederhana dengan rasa manis yang berkelas. Kini colenak buatan Murdi  banyak dijual di supermarket.

Salju Bakar Nazwa



Selain penamaan yang unik, cita rasa lezat, tekstur lembut dan penampilan masing-masing kue yang menggoda merupakan segelintir alasan mengapa Nazwa Pastry begitu digandrungi penggemarnya. Salju bakar bisa di beli di Jalan Ciateul, Bandung.


Serabi Kinca Eka Rasa

Serabi banyak ditemui di bandung, tapi salah satu tempat  penjual serabi favorit  yakni  Serabi Kinca Eka Rasa. Letaknya di pusat kota, yaitu di Jalan Burangrang No.45. Di sini serabi tersedia dengan berbagai macam rasa, menu andalannya adalah serabi kinca rasa (serabi manis).

Bahan dasar makanan serabi adalah beras dan kelapa, sehingga memiliki nilai kabohidrat yang tinggi. Jadi jangan salah, dengan seporsi makanan serabi sudah bisa membuat anda kenyang, karena dapat dijadikan sebagai pengganti nasi.



 Pisang Bollen Kartika Sari


Pisang bolen  ini adalah perpaduan pisang dan keju yang dibalut adonan kulit pastry. Kelezatannya sudah tidak dapat diragukan lagi, perpaduan bahan-bahan dalam pembuatannya melahirkan rasa yang tiada duanya. Rasa keju dan pisangnya menyatu ketika kue tersebut digigit dan melumer di dalam mulut. Toko kue Kartika Sari memperkenalkan rasa kue bollen dengan berbagai varian rasa seperti pisang bollen cokelat, peuyeum (tape) bollen, durian bollen, kacang hijau bollen dan apel bollen.


0 comments:

Post a Comment