Tuesday, 3 January 2017

Hati-Hati Menyeberang di Zebra Cross Kota Bandung




Hati-hati jika sedang berada di kota Bandung, Jawa Barat, lalu berminat mencari zebra cross di beberapa ruas jalan raya. Kita pasti akan kesulitan mencari sarana peneyeberang jalan yang biasanya di desain belang-belang putih itu. Pasalnya, zebra cross di kota Bandung sebagian sudah berubah desain.

Tak lagi mirip warna kulit zebra, sarana penyeberang jalan ini kini diganti dengan aneka desain unik dan menarik. Ada yang mirip desain permainan ular tangga, sondakh atau engkle, dan suling. Kabarnya, ide ini disetujui Walikota Ridwan Kamil, lantaran pengemudi motor nyaris tak peduli lagi dengan nasib penyeberang jalan.

Sebagai pengemudi mobil, saya pun ikut prihatin dengan hal tersebut. Di  jalan raya Bandung, ketika saya berhenti sebentar untuk memberi ruang bagi penyeberang jalan, malah mobil di belakang terus memberi klakson tak sabaran.

Diharapkan dengan desain yang menarik ini,  pengemudi kendaraan sedikit lebih  perhatian dengan  hak pejalan kaki.  Dan tentu saja pejalan kaki juga mau sedikit repot-repot mencari ruas yang pas untuk menyeberang jalan. Jadi nggak sembarang menyeberang jalan juga. Apalagi di jalan raya yang ramai.

Saat ini baru tujuh titik zebra cross unik dibuat di Bandung, terutama di Jalan Merdeka, Braga, dan Soekarno Hatta. Jika memang dirasakan efektif, bisa diperbanyak lagi di beberapa titik lainnya, kan?

Nah, bagaimana pendapat para pejalan yang sudah menggunakannya? Menurut Hartini (43), zebra cross tersebut memang menarik perhatian. tapi juga awal-awal malah banyak yang pengen selfie. "Yang itu malah nantinya akan membahayakan mereka. Mungkin karena masih baru. Jadi tetap harus berhati-hati menyeberang di zebra cross baru ini," katanya.

Berikut adalah beberapa foto zebra cross berdesain unik di kota bandung karya fotografer bandung dengan akun instagram @dudisuganti




0 comments:

Post a Comment