Monday, 7 November 2016

Wisata Selfie di Rumah Terbalik Bandung




Sejak menjamurnya smartphone dan media narsis di Internet, penggemar selfie makin bertambah angkanya. Maka tidak heran bila para kreator wisata memikirkan tempat-tempat menarik dan unik sebagai wahana berselfie ria.


Di Bandung, wisata selfie jumlahnya tak terhitung lagi. Mulai dari yang gratisan hingga berbayar. Biasanya makin unik tempat wisata selfie, akan semakin mahal tarifnya. Kalau mau gratis, ya tinggal ke taman-taman tematik yang bertaburan. 

Salah satu obyek wisata selfie yang kini tengah digandrungi adalah studio foto rumah terbalik. Di beberapa kota seperti Yogyakarta sudah berdiri sejak lama. Di Bandung rumah terbalik belum lama berdiri yakni 10 Oktober lalu dan langsung ngehits. Namanya Upside Down World alias dunia terbalik.


Kemarin saya berkunjung bersama keluarga ke rumah terbalik ini yang berlokasi di Jalan H Wasid Bandung. Rupanya studio ini berada di bekas tempat sebuah kafe yang dulu jadi favorit saya. Entah kemana sekarang kafe itu. Oh iya, di sana parkirnya tidak luas, tapi tamu bisa kok parkir mobil di pinggir jalan dan relatif aman karena ada petugas parkir.

Untuk berselfie ria, kita dikenakan biaya masuk sebesar Rp100.000 untuk dewasa dan Rp50.000 untuk anak-anak. Saya tidak tahu apakah itu berlaku setiap hari, atau khusus hari Minggu ketika saya berkunjung. Begitu masuk kita harus membuka alas kaki. Dan sebaiknya memang lepas juga kaos kaki agar lebih leluasa saat difoto.

Setidaknya terdapat 10 ruangan untuk berfoto sambil bergaya di Upside Down World ini, dan semuanya adalah ruangan yang ada di dalam rumah. Mulai dari ruang tamu, kamar mandi, kamar tidur anak, dapur, ruang keluarga, ruang santai, dan sebagainya.

 

Pengunjung yang datang boleh memotret di semua ruangan sampai sepuasnya. Tentu saja di jam-jam padat pengunung harus sabar mengantre. Bawalah smartphone untuk bisa langsung posting di Instagram, karena nanti pengunjung boleh mencetak gratis fotonya di booth khusus. Jika ingin menghasilkan kualitas gambar yang bagus, silakan membawa kamera DSLR milik pribadi.

Pengunjung yang ingin berfoto tidak perlu khawatir jika tidak tahu sudut pengambilan terbaik. Para staf di sini dengan suka hati akan membantu mengatur posisi model maupun pengambilan foto yang terbaik. bahkan mereka siap memotret pengunjung. Di setiap ruangan juga terdapat contoh foto yang bisa ditiru, jika kebetulan ingin difoto sendiri.

Selain puas memotret, di tempat ini juga tersedia gerai penjualan makanan dan minuman ringan serta merchandise seru. Jangan khawatir juga kalau mau ke toilet. Tenang yang ini asli, nggak terbalik. hehehe.

Saran saya, sebaiknya jika berniat ke tempat ini, cobalah membawa tiga baju ganti agar saat difoto jadi memiliki suasana yang berbeda. Misalnya, baju santai, piyama (baju tidur), dan pakaian di dapur. Dan jangan takut berekspresi alay sekalipun di tempat wisata ini. Masa sih udah bayar mahal-mahal, setiap difoto pasang muka datar?

Lokasi Rumah Terbalik Bandung



Bagi yang masih bingung menuju ke Upside down World, maka yang terbaik adalah dari arah jalan Dipatiukur menuju Jalan Bagusrangin. Nanti di sisi kanan akan menemukan Jalan Haji Wasid. Patokannya yang mudah adalah di belakang gerai Rabani Dipati Ukur.

Untuk yang masuk dari jalan layang Pasopati, bisa berbelok ke kiri menuju Jalan Panatayuda. Nanti di samping SMA PGII berbelok ke kanan menuju Jalan Haji Wasid.

Kalau mau naik kendaraan umum, bisa mengunakan angkot yang melewati Jalan Dipatiukur seperti Ciacaheum-Ciroyom, Riung Bandung-Dago, atau Dipatiukur - Panghegar.

Selamat bernarsis ria di rumah terbalik.

10 comments:

  1. Wuih, ada juga nih di Bandung. Kudu nyoba euy, walopun sedikit mihil. Nabuuuung....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo punya anak-anak yang kecil lucu banget

      Delete
  2. Beneran kudu nabung dulu hihi... Padahal kalo ke gerai yang di depannya sih suka lupa daratan. Kalo pengen gak ngantri, jangan pas hari libur kali ya.

    ReplyDelete
  3. Mau nyoba ah. Belum pernah kesini. Sebagai pecinta selfie. Ini adalah suatu kewajiban. Terima kasih infonya

    ReplyDelete
  4. Waah mesti dateng ke sana. Tapi beneran mesti nabung dulu ini mah

    ReplyDelete