Wednesday, 21 September 2016

Lezatnya Surabi Cihapit Bandung


Surabi atau serabi merupakan kuliner khas Jawa barat yang terkenal sejak jaman kolonial. Saking terkenalnya, surabi pun dibuat aneka macam rasa. Tapi tetap saja orang menginginkan surabi dengan rasa klasik yakni, surabi polos yang dicelupkan ke kinca (gula merah encer) dan surabi dengan topping bubuk oncom.

Di Bandung, banyak tempat penjual surabi yang sangat terkenal. Sebut saja Surabi Enhai, yang boleh disebut sebagai pioner pembuat surabi modern. Di sebut Enhai karena berada di dekat kampus NHI (Nastional Hotel Institute) di Jalan Setiabudi. Sedangkan surabi klasik biasanya masih bisa ditemui tak jauh dari pasar tradisional.



Salah satu yang yang cukup terkenal adalah Surabi Cihapit yang berasa di dekat Pasar Cihapit. Saya mendatangi kedai surabi ini karena populeritas surabi oncomnya. Maka tanpa ragu-ragu saya pun memesannya.



Saat menunggu saya melihat beberapa pembeli sengaja makan di tempat. Bagi beebrapa orang, makan di tempat memang lebih asyik karena surabinya masih hangat. Tapi saya memutuskan untuk membungkusnya.

Di kedai ini kita bisa melihat cara membuat surabi dimulai dengan menuangkan adukan tepung ke cetakan, pemberian topping, hingga mengangkatnya. Ada yang unik dengan kedai surabi ini. Ternyata pemiliknya bukan urang Sunda, melainkan berasal dari Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Namanya Ibrahim, biasa dipanggila Abang.  Ibrahim menikah dengan mujang Garut hingga akhirnya dia menemukan resep surabi dengan rasa klasik.

Tak terasa pesanan saya telah selesai. Karena tidak tahan, saya akhirnya makan begitu sampai di mobil. Wow, surabi oncomnya memang bikin nagih. Rasanya pedas-pedas menantang. Patut dicoba.




Nah, buat yang ingin ke sini, kalau dengan kendaraan pribadi atau taksi cukup minta di antar ke Pasar Cihapit di Jalan Cihapit, Bandung. Jika naik angkot bisa naik kendaraan Ledeng-Margahayu lalu turun di Jalan Cihapit. Yang pasti jalan ini cukup terkenal di bandung.

0 comments:

Post a Comment