Wednesday, 7 September 2016

Berburu Tahu yang Bikin Ketagihan di Lembang




Yuk, berburu tahu di Lembang

Saat berada di luar kota Bandung, banyak orang memuji kelezatan tahu asal Bandung. Namun sebagai warga Bandung, saya menganggap tahu yang enak justru berasal dari Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Bukan cuman lezat, tapi juga bikin ketagihan memakannya.

Itu sebabnya setiap hari saya berlangganan tahu asal Lembang. Bahkan di akhir pekan saya beranjak ke lembang, sekadar berburu tahu-tahu enak. Setidaknya ada dua tempat tahu terkenal di Lembang, yakni Tahu Tauhid dan Tahu Susu Lembang.

Tahu mentah di Tahu tauhid

Tahu Tauhid

Tahu Tauhid paling populer di Lembang. Pusatnya berada di Jalan Cijeruk, masuk dari Pasar lembang. Tapi karena akses ke sana sering kali macet parah, dibukalah Tahu tauhid 2 di Jalan Maribaya dekat De Ranch atau dikenal juga dengan Jalan Seskoau. Tapi tetap saja macet, sampai ke pinggir jalan.

Kedai Tahu Tauhid 2
Untuk menghindari macet, biasanya saya datang pagi hari. Lepas makan siang hingga sore hari bisa dipastikan tempat parkirnya padat. Sebab, banyak pelancong yang sengaja mampir ke kedai ini usai jalan-jalan. Mereka sengaja mampir membeli tahu untuk oleh-oleh.

Saya lebih suka ke kedai Tahu Tauhid 2 karena ruas jalannya lebih luas.Untuk memilih dan memesan tahu bisa langsung melihat dari daftar harga.

Nah, kedai yang menyediakan tahu mentah untuk dibawa pulang  ada di sisi kiri. Sebaiknya sudah ada bayangan yang akan dibeli. sebab jangan sampai berpikir untuk tanya-tanya lebih dulu karena kadang pelayannya kurang ramah dalam menjelaskan jenis tahunya. Apalagi saat ramai.

Tahu mentah bisa bertahan selama sepekan asal berada di dalam kulkas. Jadi kalau tujuannya ke Jakarta ya aman-aman saja.

Sementara itu kedai di sisi kanan adalah untuk pemesanan oleh-oleh lainnya khas Lembang dan minuman . Di sini pula kita bisa meemsan tahu tauhid goreng yang sepintas mirip tahu sumedang. Tapi sungguh beda banget rasanya. Tahunya padat dan isinya lembut. Paling enak pakai sambel kecap. tapi saya sih pakai cengek alias cabe rawit sudah bisa menikmati banget yang namanya tahu goreng Tahu Tauhid.





Untuk teman minum paling asyik meman dengan deh hangat, tapi di sini pilihannya bisa dengan susu murni atau yoghurt maupun minuman ringan lainnya. yang penting makan tahu gorengnya harus pas hangat, biar lebih terasa nendang di lidah.

Tahu Susu Lembang

Tahu Susu Lembang adalah salah satu favorit saya di lembang karena tempat parkirnya luas dan makanannya enak-enak. Di sini juga ada rumah sosis yang menyediakan anek varian sosis yang biasanya disukai anak-anak. Letaknya berada di jalan raya lembang 177, dari arah Bandung berada di sisi kiri jalan.

Di Tahu Susu Lembang ini juga tersedia jenis tahu mentah dan sudah digoreng. bahkan lebih keren lagi, di sini kita bisa melihat dari dekat pembuatan tahu yang higienis. Berbeda dengan tahu tauhid2 , yang dilarang untuk masuk ke ruangan pembuatan tahu. Jadi di sini kita bisa mengajak anak-anak mengenalkan pembuatan tahu. bagu untuk pengetahuan mereka.

Nama tahu susu sendiri disebabkan karena tahunya memang dicampur dengan susu murni. Perbandingannya tigabelas kilogram kedelai dicampur empat liter. Selain tahu susu ada juga tahu mentega yang dicampur mentega, bukan susu.

Harga tahu susu satu bungkus adalah Rp25.000 sementara tahu mentega Rp30.000 per bngkus. Karena Lembang pusatnya susu murni, jadi jelas dan tidak sulit mencari bahan bakunya.






Banyak orang yang menyukai tahu susu goreng. Satu porsi hanya Rp15.000. Sebenarnya, asal tahu saj anih, tahu susu lebih enak dikonsumsi tanpa digoreng yakni dikukus. Rasanya akan membuat lidah ketagihan. Lagipula makanan dikukus jauh lebih sehat ketimbang yang digoreng-goreng, kan?

Di kedaia Tahu Susu lembang juga banyak kedai kuliner lainnya, sepetri mie ayam mapuan batagor, bahkan makanan berat untuk makan siang maupun malam. Jadi, pastinya betah  berlama-lama di sini. Apalagi ada arena ATV dan wahana bermain untuk anak-anak. Tapi jika tidak punya waktu banyak, di sini juga disediakan layanan drive thru lho. Seru kan, beli tahu pakai mobil tanpa turun dari kendaraan.


0 comments:

Post a Comment