Tuesday, 30 August 2016

Mendadak Jatuh Cinta di Rumah Bunga Rizal, Lembang




Saat datang ke Lembang, Jawa Barat, saya belum tahu apa-apa tentang Rumah Bunga Rizal. Yang terpikir hanyalah tempat jualan tanaman hias seperti kebanyakan di kawasan ini. Ternyata ketika saya berkunjung ke tempat yang terletak di Jalan Maribaya km 2,4 tersebut, bukan cuman tanaman hias yang saya jumpai. Pastinya saya merasa jatuh cinta dengan tempat ini.

Setelah parkir di dalam perkarangan, saya masuk ke dalam area yang ternyata amat luas. Beraneka bunga tampak dibudidayakan, tapi lebih didominasi oleh kaktus dan anggrek. Mata saya langsung dimanjakan dengan keindahan aneka kaktus. Pohon berduri itu tampak berbeda dengan kaktus yang saya tahu, lebih manis.

Harga kaktus cukup bervariasi. Ada yang jual hanya dengna harga Rp5.000 per pot tapi ada juga yang sampai ratusan ribu. Tergantung jenis dan ukurannya. Biasanya orang membrong kaktus mini untuk souvenir pernikahan atau acara-acara yang penyelenggaranya pecinta lingkungan hidup. Di Bandung, saat ini souvenir kaktus di pot mini lumayan ngeterend.


Saya datang  bersama teman-teman kantor melaksanakan outing. Di tempat ini terdapat area luas yang bisa kami gunakan untuk bermain voli balon dan mengemas telur agar tidak pecah. Penasaran, kan? Voli balon itu seperti bermain voli tapi menggunakan balon bersisi air dan harus ditangkap memakai kain. Pokoknya seru bermain di taman wisata yang bukan mulai pukul tujuh pagi hingga empat sore ini.

Pelatihan


Nah, tempat ini juga bisa buat menimba ilmu. Ada beberapa paket yang ditawarkan terutama bagi pengegmar kaktus dan anggrek. Kurangnya pengetahuan dan pengalaman dalam memelihara tanaman dapat berakibat pada pertumbuhan tanaman yang kurang baik, enggan berbunga, bahkan menyebabkan kematian.   


Paket  Pelajar



Sesuai namanya, jelas paket ini khusus untuk siswa sekolah untuk melihat secara langsung proses budidaya tanaman. Materi disampaikan oleh instruktur Rumah Bunga Rizal yang berpengalaman. Melalui pelatihan ini,  kelak para siswa mendapat pengalaman lapangan dan sekaligus keterampilan baru tentang perbanyakan tanaman hias.

Kompensasi biaya : Rp. 25.000 per orang siswa (biaya untuk instruktur + bahan-bahan peraga + hasil praktek berupa satu pohon tanaman yang dibawa pulang). Waktu  minimal satu sampai dua jam kunjungan untuk penyampaian materi.

Paket Umum

Paket ini dikhususkan kepada pecinta tanaman hias, ibu-ibu rumah tangga, pelaku usaha pemula, dan lainnya. Pelatihan dibuka dengan jumlah peserta minimal 20 orang.


Kompensasi biaya : Rp. 250.000 per orang  (biaya untuk instruktur + sertifikat + makan siang + snack + makalah + bahan-bahan peraga). Waktu minimal tiga jam kunjungan untuk penyampaian materi.

Paket Lanjutan

Aket ini ditujukan bagi penyuka tanaman hias yang telah memiliki dasar pengetahuan teknis budidaya, dan ingin lanjut mempelajari proses perbanyakan tanaman melalui kultur jaringan.

Kompensasi biaya : Rp. 2.500.000 per orang (biaya untuk instruktur + sertifikat + makan siang + snack + makalah + bahan-bahan peraga). Waktu  yang diperlukan satu hari penuh.

Produk Cantik Lainnya

   


Nah, ini dia yang bikin saya jatuh cinta dengan tempat ini. Namanya tanaman hias, nggak lucu kan kalau wadah menyimpannya juga kurang cantik. Rumah Bunga Rizal memberikan slusi dengan menyajikan aneka desain produk dengan harga bersaing.


Misalnya saja cangkang keong untuk anggrek. Bentuknya imut menggantung manja. Harganya hanya Rp35.000.  Keong mas yang selama ini dianggap hama bisa dijadikan media tanam anggrek mini oncydium.

Ada juga pot bunga dari tempurung kelapa dan bambu yang memperindah tanaman untuk diteras rumah. Bahkan rak dari besi pun tersedia dengan desain khas. Oh iya,  produk-produknya juga bisa dikirim melalui ekspedisi. 

Buat saya, mengunjungi tempat seperti ini tidak bisa sekali dua kali, rasanya kalau ke Lembang, saya akan ke sini lagi.


Seru banget di Rumah Bunga Rizal


5 comments:

  1. kapan ya kita bisa ke Maribaya km 24? saya dan anak istri maksudnya om ... sip lengkap informasinya -- makasih :D

    ReplyDelete
  2. Cangkang keongnya bagus, unik. Jadi pengen bikin di rumah. Hehe
    Terimakasih infonya kak :)

    ReplyDelete
  3. Terima kasih infonya, pingin sampai kesana..

    ReplyDelete