Monday, 29 August 2016

Kuliner Bakar Pengusir Lapar Khas Lembang




Berkunjung ke Lembang, Jawa Barat, sayang banget kalau cuman sekadar berwisata tanpa menikmati kuliner bakar khas setempat. Mengapa kuliner bakar? Karena biasanya kuliner bakar disajikan dalam keadaan hangat. Hal ini sangat cocok dengan udara Lembang yang sejuk.

Sebenarnya, kuliener bakar ini bisa juga ditemukan di beberapa tempat di luar Lembang, tapi menjadi khas karena selain udaranya yang sejuk, juga Lembang terkenal dengan sajian susu sapi murni. Jadi kuliner ini enak disantap selain  sambil menyeruput  kopi hangat , teh hangat, juga dengan susu murni hangat. Apa saja ya kuliner bakar yang khas Lembang?

Ketan Bakar

Kuliner satu ini tersebar di beberapa sudut Lembang.  Jika sulit menemukannya jalan di Jalan Raya Lembang mendekati belokan dengan mudah ditemukan beberapa kedai kecil ketan bakar. Biasanya mulai beraktivitas pada malam hari. Saat saya mengunjungi pagi hari pun ada beberapa yang buka karena memang rasa lapar bisa juga datang pada pagi hari.

Ketan bakar khas Lembang disajikan dengan serundeng, sambal kacang, dan sambal oncom. Mungkin karena setiap orang berbeda selera, dan penjualnya nggak mau ribet pakai yang mana. Tapi ketan bakar tetap enak dicocol ke tiga pelengkap tadi

Harga seporsi ketan bakar Rp.8.000



Jagung Bakar



Kawasan Lembang banyak ditanami aneka tanaman kebun, termasuk jagung. Tidak heran jika kuliner jagung mudah pula ditemukan. Baik jagung rebus maupun bakar. Tapi di lembang, khususnya di Cikole, jagung bakar boleh dibilang paling favorit.

Jagung bakar Lembang uga dikenal sebagai pelopor enam rasa tambahan. Mau rasa keju, sambal pedas, stroberi, sampai rasa udang pun bisa lho. Harga  jagung bakar bervariasi sesuai tempatnya antara Rp6.000 -Rp8.000.


Pisang Bakar



Pisang bakar Lembang sebenarnya lebih seperti hidangan pisang bakar dari Bandung. Jadi pisangnya sudah digoreng, baru kemudian dibakar. Tentu saja rasanya manis. Agar memiliki variasi rasa. baisanya oleh pedagang ditawarkan kepada pembeli untuk memakai keju, susu, ataupun cokelat. Biasanya pembeli lebih suka memilih keju. Itu sebabanya pisang bakar keju lebih melekat namanya ketimbang pisang bakar saja.

Di Lembang, harga pisang bakar ini adalah Rp.15.000


Colenak (Tape Bakar)



Colenak merupakan singkatan dicocol enak karena cara makannya dicocol lebih dulu ke bumbu kinca (parutan kelapa dan gula merah). Colenak sebenarnya merupakan tape singkong yang kemudian dibakar. Rasanya tentu saja manis dan sedikit masam ragi tape.

Harga di deretan kios kulner bakar-bakar di Lembang adalah Rp.8000.

0 comments:

Post a Comment