Wednesday, 3 February 2016

Serunya Wisata Offroad di Bandung





Bagi yang tidak suka wisata belanja dan kuliner di Bandung, banyak pilihan jenis wisata lam lainnya. Terutama wisata yang memancing adrenalin di alam bebas. Salah satunya adalah wisata offroad yang kini mulai banyak digemari semua kalangan.

Dulu, wisata offroad  hanya bisa dicicipi kalangan berduit atau eksklusif. Soalnya, tak semua  orang punya kendaraan untuk melakukan kegiatan offroad. Maklum, kendaraan pun tidak bsia sembarangan. Namun kini siapapun dapat menikmati wisata offroad tanpa harus bermodal uang terlalu banyak. Lantaran di Bandung kini banyak  jasa penyedia wisata offroad yang cukup terjangkau.



Banyak pilihan  paket yang disediakan penyedia jasa offroad.  Namun umumnya , terdapat dua kategori utama.  Pertama, untuk perjalanan pendek (short trip),  dan kedua  untuk perjalanan panjang (long trip). Perbedaan kedua kategori itu hanya pada hari pelaksanaan. Short trip biasanya berlangsung sehari  sedangkan long trip  bisa sampai dua hari.

Pada musim liburan, banyak orang lebih suka mengambil paket long trip karena waktu yang mereka miliki lebih luasa dan tentunya lebih nendang untuk liburan.


Jalur Sukawarna



Lokasi wisat offroad  di sekitaran Bandung memilih tempat-tempat dengan latar pemandangan yang indah.  Sebut saja Lembang, sebuah kawasan sejuk di Bandung Utara. Daerah seperti Cikole, Sukawana, dan Gunung Tangkuban Perahu menjadi kawasan yang banyak digunakan untuk wisata offroad.

Jalur offroad populer Lembang perkebunan teh Sukawana banyak disukai pecinta offroad di Lembang. Ujung jalur adalah daerah Cikole dan Gunung Tangkuban Perahu. Jalur dimulai dari perkebunan teh Sukawana. Mau tahu rasanya? Kita akan merasakan jalanan yang masih belum ekstrem hanya gelombang-gelombang kecil saja,  sembari menikmati pemandangan perkebunan teh yang asri, udaranya sejuk.  Jika beruntung dapat  melihat kota Bandung dari ketinggian.

 Lepas dari kebun teh Sukawana  bakal melewati jalur sedikit menanjak dan bergelombang. Di sinilah adrenalin mulai diguncang sampai masuk  kawasan hutan pinus.  Usai hutan pinus, jalur selanjutnya adalah jalanan berlubang di sini kanan kiri. Di medan inilah yang paling menantang,  tak jarang mobil offroad  menemui kesulitan melintasi jalur.



Jika berhasil lolos dari medan yang sulit ini , kita akan melewati jalur hutan berbatu  nan terjal sampai jalan beraspal yang merupakan trek terakhir.

Bukan hanya di bagian utara, Bandung bagian selatan juga seksi untuk dijadikan tempat offroad.  Kawasan pegunungan di Bandung selatan tidak kalah sejuk dengan Lembang.  Misalnya daerah Hutan Rahong yang berada di Pangalengan.  Bagi yang pernah ke sana, akan tahu keindahan alam Situ Cileunca.




Wisata yang bersifat menikmati keindahan alam dalam konsep ini biasanya menggunakan mobil legendaris Inggris yaitu Land Rover. Ada juga beberapa kendaraan  yang dapat menjelajah medan alam yang berbatu, berlumpur dan hutan yang pekat sebagai pillihan. Pastinya kita harus siap mental dan fisik juga.

(Foto-foto: Dudi Sugandi)

0 comments:

Post a Comment